PURNA WIYATA KELAS VI SD NEGERI 4 JATISRONO

Penyerahan Hasil Belajar kelas 6 dengan tetap taat pada protokol pencegahan covid-19

Serasa baru kemarin masuk sekolah dasar, ternyata sudah 6 tahun berjalan. Begitu cepat waktu berlalu, rasa berat di awal ternyata tahu-tahu sudah sampai tujuan. Begitulah kira-kira yang sedang dirasakan oleh anak-anak kelas VI SD Negeri 4 Jatisrono. Hari ini, 15 Juni 2020 adalah pengumuman kelulusan mereka. Seperti tahun-tahun yang lalu, acara pengumuman kelulusan ini sekaligus pelepasan siswa kelas VI yang dinyatakan sudah lulus menempuh pendidikan di tingkat sekolah dasar dan kemudian diserahkan kembali kepada orang tua untuk pendidikan selanjutnya.

Yang berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, acara hari ini tanpa seremoni layaknya acara perpisahan juga tiada jabat tangan dan pelukan hangat anak-anak tanda berakhirnya kebersamaan. Memang terasa hambar, namun demikianlah yang harus dilakukan. Tahun yang berat bagi semua sivitas akademika, untuk menghantarkan siswa siswinya lulus dari jenjang pendidikan yang ditempuhnya. Pandemi covid 19 telah merubah semua, termasuk  protokol  acara purna wiyata kelas VI SD Negeri 4 Jatisrono Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pemakaian HandSanitizer pada tiap wali murid yang mengambil Hasil Belajar

Rasa haru dan rindu itu, tidak mengurangi semangat kehadiran orang tua/wali siswa yang datang sesuai jadwal dengan atribut protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Kehadiran orang tua/wali tanpa disertai anak dijadwalkan bergilir dalam tujuh kloter pengambilan. Dimulai dari pukul 07.00 dengan durasi 30 menit setiap kloter yang terdiri dari 5 wali siswa dan selesai pukul 10.00, 30 menit lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan yaitu 10.30.

Rangkaian acara diawali mulai dari kedatangan orang tua/wali yang terlebih dulu cuci tangan dengan sabun, cek suhu badan dengan termogan, sambutan dan penjelasan dari kepala sekolah, pengembalian buku  paket pelajaran ke perpustakaan yang dilanjutkan dengan pengambilan pengumuman kelulusan, penyerahan rapot dan masker SDN 4 Jatisrono dan diakhiri dengan penyemprotan hand sanitizer sebelum pulang.

Hadir dalam acara ini, pengawas SD korwil bidang pendidikan kecamatan Jatisrono, Ibu Hj. Sri Hartati Sarireni, M.Pd. Beliau turut serta memberikan sambutan dan motivasi ke orang tua/wali dan memantau pelaksanaan kegiatan. (TW-SDN 4 Jatisrono)