KARIKATUR MOTIVASI

Forum Guru Jatisrono bekerjasama dengan Redaksi Jawa Pos mengelar kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Populer di Media Massa” secara virtual Sabtu, 19, 20, 26, 27 September 2020.

Kegiatan yang diikuti 109 guru TK, SD, SMP, SMA/K di Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Karanganyar ini bertujuan agar guru dapat membuat artikel popular di media massa.

Ucapan selamat datang dan prakata disampaikan oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatisrono yang diwakili oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Jatisrono Ponco Handono, S.Pd.,M.M menyampaikan bahwa penulisan artikel popular ini menjadi wahana meningkatkan wawasan dan keterampilan menulis.

“Guru dapat memberi manfaat dan mampu mempublikasikan dalam wujud proses pembelajaran yang dipraktikkan serta dituangkan lewat media massa”, imbuh Ponco Handono.

Gelaran belajar bersama ini di buka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd., secara virtual dari ruang kerja beliau melalui aplikasi teams. YBN (sapaan akrab Kepala Dinas P dan K) menyampaikan kepada semua peserta untuk tetap semangat serta tidak pernah menyerah meskipun kita mengalami musibah yang hampir 6 bulan yaitu Covid-19.

“Meski masih pandemi mari kita melakukan perubahan dan adaptasi belajar berbasis ICT, melaju secepat Jet Tempur meski dengan fasilitas seadanya”, ujar YBN sembari melihat karikatur karya Joko Susilo yang terpampang di ruang kerjanya.

“Pendidik dan tenaga kependidikan harus berkompetensi mau dan mampu dalam soft skills yang meliputi : komitmen, motivasi, sikap dan kepribadian  dan hard skills yang meliputi : Konten (memahami bidang ilmu yang diasuh), Kurikulum, serta Skills (ICT, Metode, Komunikasi).” Imbuh YBN.

Drs. Tarmo, M.Pd (Kasi PTK SMP  Dinas P dan K Kab. Wonogiri) selaku narasumber dalam materinya KTI Populer dalam PKB menyampaikan bahwa tujuan Penyaluran Tunjangan Profesi (Permendikbud No.19 tahun 2019) adalah: memberi penghargaan kepada guru profesional, mengangkat martabat, meningkatkan kompetensi, meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, membiayai pelaksanaan kegiatan PKB yang mendukung pelaksanaan tugas sebagai guru profesional. Adapun Linieritas Keterkaitan SKP dengan KP yaitu: SKP (Sasaran Kerja Pegawai), PPK (Penilaian Prestasi Kerja PNS), PKG (termasuk Wakil KS, dan tugas tambahan lain), PAK (PD, PI/KI… Nilai kewajaran), Kenaikan Pangkat.

Lebih luas lagi dijelaskan tentang PKB, jumlah angka kredit minimal, masalah publikasi ilmiah, alasan penolakan jenis PI, alasan penolakan KI, bagaimana strategi lolos usulan PAK, contoh Publikasi Ilmiah, contoh artikel ilmiah populer dan lain-lain, digambarkan secara gamblang dan menarik. (Nanik Retnowati – Tim Kreatif Jatisrono)