BIAS Di Masa Pandemi

Pengarahan dari Tenaga Kesehatan sebelum Pelaksanaan BIAS di SD Negeri 2 Gondangsari

Pandemi covid 19 telah melanda dunia sejak akhir tahun 2019 ternyata masih belum berakhir di penghujung tahun 2020 ini. Walau era new normal mulai diterapkan, namun pusat-pusat pendidikan dan sekolah-sekolah masih ditutup. Pembelajaran masih dilaksanakan secara virtual. Meski demikian tak menyurutkan langkah tenaga medis untuk tetap melaksanakan tugasnya. Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tetap dilaksanakan.

Di bulan November kegiatan BIAS DT-Td (Difteri Tetanus – Tetanus Difteri) oleh Puskemas Kecamatan Jatisrono dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan beberapa hari sebelumnya oleh Kepala Puskesmas Jatisrono, dr. Kristiawan Teguh Wibowo. Jadwal pelaksanaan BIAS di SD Negeri 2 Gondangsari jatuh pada hari Selasa, 17 November 2020. Drs. Susetyo Hadi, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Gondangsari menyampaikan sasaran kegiatan ini meliputi kelas 1, 2, dan 5. Manfaat dari kegiatan imunisasi ini adalah siswa diharapkan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Pelaksanaan BIAS tetap memperhatikan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan BIAS dilaksanakan dengan memperhatikan protokol Kesehatan yang ketat. Jadwal pelaksanaan BIAS kelas 1 dan 2 di mulai tepat pukul 8.00 – 09.00 WIB dan kelas 5 dimulai pukul 09.00-10.00, Siswa kelas 1 dan 2 datang ke sekolah dengan diantar oleh orang tua dengan memakai masker. Sementara siswa kelas 5 bisa datang sendiri dengan memakai masker. Seluruh yang hadir di sekolah diukur suhu tubuhya dengan thermogun kemudian mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang telah disediakan.

Selain pelaksanaan imunisasi pihak puskesmas mengadakan penyuluhan tentang perawatan gigi dan mulut oleh drg. Heni Eko Sayekti. Selain itu drg. Heni Eko Sayekti juga menyampaikan penyuluhan mengenai pelaksanaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penularan penyakit, pemakaian masker yang benar, serta himbauan untuk tidak menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan memakai sabun dalam rangka menghadapi situasi pandemi. Sementara pelaksanaan imunisasi dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang bertugas yaitu Ari Hariyani, AMd.Keb. dan Sunaryo, S.Kep. dengan mengenakan APD lengkap. Pelaksanaan imunisasi berjalan dengan lancar, aman, dan terkendali. Meskipun ada salah seorang siswa kelas 5 yang pingsan setelah imunisasi namun dugaan yang muncul hal itu disebabkan siswa tersebut belum sarapan sebelum ke sekolah. Namun hal itu bukanlah kendala karena segera dapat diatasi dengan baik.

Pelaksanaan BIAS selesai sekitar pukul 10.00 WIB. Selesai mendapat imunisasi siswa-siswi istirahat di kelas sejenak untuk mengumpulkan beberapa tugas sekolah dan mendapat obat cacing untuk di minum di rumah masing-masing. Obat cacing diberikan setiap enam bulan sekali guna mencegah cacingan yang mengakibatkan stunting pada anak. Seluruh rangkaian kegiatan selesai hingga pukul 11.00 WIB, siswa-siswi diminta untuk segera pulang ke rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (Siti Nurjanah – Guru SD Negeri 2 Gondangsari)