HGN 2020 - JATISRONO NGUMANDHANG

Guru merupakan poros pendidikan. Ia menjadi penentu kemajuan suatu bangsa di masa depan. Guru adalah pahlawan, tanda kepahlawananya terukir pada orang sukses yang ada di sekitar kita. Pengabdian, perjuangan, dan keikhlasan guru dalam mengajar adalah pelita bagi kehidupan. Guru terbaik mengajar dari hati, bukan dari buku. Selamat Hari Guru!!! Hari guru nasional yang jatuh pada tanggal 25 November diperingati oleh PGRI cabang Jatisrono dengan kegiatan sarasehan pelestarian budaya Jawa.

Kegiatan sarasehan dilaksanakan Semi Live dengan dihadiri oleh Kepala TK, SD, SMP, SMA kecamatan Jatisrono dan diikuti oleh semua guru dan tenaga kependidikan kecamatan Jatisrono secara daring melalui aplikasi Teams. Kegiatan ini juga disiarkan secara live melalui channel youtube Edu Jati. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan oleh Ponco Handono, S.Pd.,M.M., selaku Ketua PGRI Kecamatan Jatisrono, dan dibuka oleh Camat Jatisrono yang diwakili oleh kasubag kepegawaian Kecamatan Jatisrono Suharjono.

Sarasehan di SDN 1 Jatisrono, 25/11/2020.

Acara sarasehan yang dilaksanakan di aula SDN 1 Jatisrono ini diisi dengan wawasan sejarah Bahasa Jawa oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas P&K Kabupaten Wonogiri, Eko Sunarsono, S. Sn. Bahasa Jawa yang unik dan memiliki banyak variasi wajib kita lestarikan. Disambung dengan pemutaran video karawitan lagu “Wonogiri Sukses” oleh siswa SD Negeri 2 Rejosari. Sarasehan dilanjutkan dengan materi kurikulum Bahasa Jawa SD yang disampaikan oleh Parno, S.Pd. Kepala SD Negeri 1 Pelem.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan juara lomba dalam rangka peringatan HGN yang diselenggarakan sejak awal November. Penyerahan piala dilakukan secara simbolis oleh panitia kepada Sugito, S.Pd juara 1 lomba Macapat. (Dea, Cris, Mariana – Tim Kreatif Jatisrono)