Minggu, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Media Edukasi Jatisrono

Gebrakan FG Jatisrono

FG Jatisrono

Panitia Pelatihan Penulisan Artikel di Media Masa berada di Studio SDN 1 Jatisari

Gebrakan Forum Guru Jatisrono bekerjasama dengan Redaksi Jawa Pos, Radar Solo. mengelar kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Populer di Media Massa secara virtual dimulai pada hari Sabtu, 16, Minggu 17 & , Sabtu 23, Minggu 24 Januari  2021.

Di pertemuan pertama kegiatan yang diikuti 170 guru TK, SD, SMP, SMA/K tersebar dari Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Sragen, Kabupaten Kulon Progo dan Kota Surakarta ini bertujuan agar guru dapat membuat artikel popular di media massa. Ketua panitia kegiatan Lilis Yuniwiyati mengatakan, sejak dibuka pendaftaran secara online, antusiasme peserta mengikuti pelatihan luar biasa. Panitia terpaksa sampai harus menolak sejumlah pendaftar karena kuota sangat terbatas. Sampai hari H yang ingin mendaftar sebenarnya masih banyak. Tapi terpaksa distop karena kuota sudah penuh. Semangat guru yang luar biasa mengikuti pelatihan ini sangat tinggi, maka panitia akan mengakomodasi dengan menggelar pelatihan gelombang ketiga bersama Jawa Pos Radar Solo. Bahkan, ada peserta yang masuk daftar tunggu.

Lilis Yuniwiyati, S.Pd,M.Pd.

Lilis Yuniwiyati, S.Pd,M.Pd, Ketua Panitia Pelatihan Penulisan Artikel di Media Masa

 

Pelatihan di buka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd., secara virtual dari ruang kerja beliau melalui aplikasi teams. Beliau menyampaikan kepada semua peserta untuk tetap semangat serta tidak pernah menyerah meskipun saat ini Covid-19 belum berakhir. Kita juga mereviw kembali yang dulu, kita harus banyak belajar dan belajar salah satunya artikel ilmiah populer termasuk salah satu karya ilmiah yang dapat dinilaikan untuk kenaikan pangkat.

Drs. Tarmo, M.Pd (Kasi PTK SMP  Dinas P dan K Kab. Wonogiri) selaku narasumber dalam materinya KTI Populer dalam PKB menyampaikan bahwa tujuan Penyaluran Tunjangan Profesi (Permendikbud No.19 tahun 2019) adalah: memberi penghargaan kepada guru profesional, mengangkat martabat, meningkatkan kompetensi, meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, membiayai pelaksanaan kegiatan PKB yang mendukung pelaksanaan tugas sebagai guru profesional. Adapun Linieritas Keterkaitan SKP dengan KP yaitu: SKP (Sasaran Kerja Pegawai), PPK (Penilaian Prestasi Kerja PNS), PKG (termasuk Wakil KS, dan tugas tambahan lain), PAK (PD, PI/KI… Nilai kewajaran), Kenaikan Pangkat.Lebih luas lagi dijelaskan tentang PKB, jumlah angka kredit minimal, masalah publikasi ilmiah, alasan penolakan jenis PI, alasan penolakan KI, bagaimana strategi lolos usulan PAK, contoh Publikasi Ilmiah, contoh artikel ilmiah popular digambarkan secara gamblang ,menarik, serta banyak tanya jawab dari peserta  berkaitan tentang Karya ilmiah.

Di pertemuan ke dua materi disampaikan oleh Kabun Triyatno Pemimpin Redaksi  Jawa Pos Radar Solo. Beliau mengatakan “ Tulisan Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau media online yang mempunyai alamat website resmi bukan blog).”

Angka kredit tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional angka kreditnya sebesar 2 dan jika dimuat di media massa tingkat regional dan media online resmi (bukan blog) nilai angka kreditnya 1,5 , problem yang sering dihadapi penulis, dari mana saja  ide menulis muncul, hal apa saja yang memacu diri menulis, serta langkah apa saja memulai menulis artikel, serta contoh artikel popular yang dimuat dimedia massa disampaiakan dan dikupas tuntas. Banyak peserta antusias bertanya dan menghidupkan suasana tanya jawab berlangsung. (Nanik Retnowati, S.Pd– FG Jatisrono)

Post Terkait

1 Komentar

Siti Nurjanah, Sabtu, 23 Jan 2021

Semangat untuk membangun pendidikan yang lebih baik… terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memfasilitasi diadakannya salah satu program PKB berikut… salut

Balas

KELUAR