KKG KARTINI- BAHAN AJAR

KKG GUGUS R.A KARTINI GELAR KKG RUTINĀ  DENGAN MATERI PERANGKAT PJJ (Bahan Ajar)

 

Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus R.A Kartini Kecamatan Jatisrono sukses menyelenggarakan KKG rutin dengan materi Perangkat PJJ(Bahan Ajar). Kegiatan tersebut diikuti oleh guru di seluruh Gugus R.A Kartini secara Virtual menggunakan Microsoft Teams Pada Sabtu, 06 Maret 2021. Materi tersebut disampaikan oleh Partiningsih, S.Pd., M.Pd, Kepala Sekolah SDN 2 Ngrompak.

 

Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) dimasa pandemi masih harus dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan peserta didik. Untuk itu perlu ditekankan kembali perangkat PJJ melalui kegiatan tersebut agar PJJ berjalan dengan maksimal.

 

Acara dimulai pukul 09.00 dengan Kegiatan diawali dengan menyapa para peserta di meeting room Microsoft Teams ketua KKG Gugus R.A Kartini Pardi S.Pd. M.Pd dilanjut sambutan, kemudian sambutan dari Korwil Kecamatan Jatisrono Drs. Harsono, M.Pd , Pengawas Gugus R.A Kartini Sri Hartati Sari Reni, S.Pd., M.Pd.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari narasumber, Partiningsih S.Pd., M.Pd. Beliau menjelaskan tentang Bahan Ajar , yaitu seperangkatĀ  bahan yang memuat materi atau isi pembelajaran yang didesain dalam bentuk bahan yang digunakan siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar. Fungsi bahan ajar ada 3 yaitu, sebagai bahan ajar mandiri sebagai alat peraga dan sebagai sumber belajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, bahan ajar dapat dikembangkan melalui audio, audio visual, media cetak dan media visual. Kriteria bahan ajar meliputi isi bahan ajar yang dikembangkan, tiongkat kesukaran bahan ajar, tuntutan strategi pembelajaran, serta cara evaluasi pembelajaran. Bahan ajar juga memiliki 6 karakteristik yang meliputi operasional konkrit, banyak disertai contoh, ilustrasi gambar, bahasa sederhana, menyukai banyak warna, materi simple dan sederhana.

 

Setelah narasumber memaparkan materi dan menjawab dan menjawab pertanyaan, moderator memberikan kesimpulan dari apa yang telah disampaikan narasumber. Selanjutnya moderator menutup acara dengan berdoa bersama para peserta KKG daring.