Menjelang E Raport di Gugus Muh. Syafei
Zoom

PArtisipant Gugus Muh. Syafei

Kelompok Kerja Guru Gugus Muh. Syafei Kecamatan Jatisrono mengadakan pelatihan E Raport

pada hari Jumat, 12 Maret 2021 pukul 08.00 hingga selesai secara virtual via Zoom Meeting. Kegiatan KKG dihadiri oleh Korwil Kecamatan Jatisrono Bidang Pendidikan, Drs. Harsono, MPd., Ketua Gugus Muh. Syafei, Katiman, S.Pd., M.Pd., serta seluruh Kepala Sekolah beserta Guru anggota Gugus Muh. Syafei. Sementara narasumber E Raport dalam kegiatan ini adalah Joko Susilo, S.Pd. Beliau adalah Guru sekaligus OPS SD Negeri 1 Pelem Jatisrono yang saat ini tergabung dalam Tim Pengembangan Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Bertindak sebagai host Siti Nurjanah dan Moderator Endang Suwarti, acara dibuka tepat Pukul 08.30 dengan pembacaan basmallah bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza. Acara berlanjut dengan pengarahan dari Ketua Gugus Muh. Syafei, Katiman, S,Pd., MPd. yang menyampaikan bahwa pada dasarnya kehidupan itu akan terus berkembang dan kita sebagai guru sudah semestinya tanggap akan perkembangan zaman. Agar peserta KKG tidak terlampau serius dengan webinar, dalam uraian penutupnya beliau juga menyampaikan dengan guyonan bahwa e itu sejatinya sudah adaa dari dulu sehingga kita tidak perlu terlalu takut untuk menghadapinya jika dulu ada e tamune teka, e jembrengna klasa dan seterusnya maka sekarang ada E Raport, E SKP, E KTSP dan E, E yang lainnya.

Dalam sambutannya Drs. Harsono, M.Pd. menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya KKG ini karena kebutuhan Guru akan penguasaan pengerjaan E Raport sangat mendesak sehingga perlu diadakannya pelatihan pengerjaan E Raport .  Lebih lanjut beliau berpesan agar para Guru anggota Gugus Muh. Syafei agar tidak merasa terbebani dengan adanya e raport. E raport ini memang tidak tergesa namun harus segera di wujudkan. Jika ada niat serta kemauan maka in sha Allah bisa melaksanakan.

Peserta

participant KKG Muh. Syafei

Acara inti disampaikan oleh narasumber E Raport, Joko Susilo. dengan diawali dengan ajakan beliau untuk menyamakan persepsi. Beliau menyampaikan gambaran umum bahwa sebelum ada perangkat IT seperti sekarang ini dari sejak dulu sudah ada alat komunikasi. Walau zaman sudah berubah dan berkembang, namun bagi para guru yang sudah memasuki masa purna bhakti tetaplah berperan penting bagi dunia pendidikan karena dari beliau-beliau kita dapat mengambil banyak pelajaran utamanya dalam hal budi pekerti dan kebudayaan Jawa sepeti halnya macapat dan yang lainnya. Oleh karena itu beliau berpesan agar guru-guru yang masih muda dan menguasai IT agar berkolaborasi membantu mereka yang sudah sepuh untuk membantu dan mendampingi beliau-beliau dalam mengerjakan e raport.

Lebih lanjut Joko Susilo, secara gamblang menyampaikan petunjuk-petunjuk teknis pengerjaan E Raport level Guru dimulai dari memasukkan user id, password dan sebagainya untuk login, pemetaan Kompetensi Dasar, menulis kata kunci KD hingga edit dan kirim. Selain itu beliau juga menyampaikan hal-hal teknis tentang cara mendownload daftar nilai, penginputan nilai dari mulai nilai sikap, spiritual, pengetahuan, juga ketrampilan, kemudian import nilai ke aplikasi e raport. Segala hal yang ada di dalam aplikasi e raport dikupas tuntas hingga mendetail sampai kepada prestasi siswa juga naik tidaknya siswa ke tingkat yang lebih lanjut.

Setelah narasumber menyampaikan materi E Raport para peserta di ijinkan untuk bertanya melalui kolom chat maupun bertanya secara langsung dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. Dalam sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan yang muncul dan segera mendapat jawaban yang memuaskan dari narasumber. Beberapa peserta meminta untuk dibuatkan video tutorial untuk memudahkan belajar mandiri bagi guru.

Kegiatan KKG ini berlangsung selama dua jam dan berjalan dengan lancar. Dalam penutupannya moderator menyampaikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Acara di akhiri oleh host dengan foto bersama dan penyampaian pengumuman untuk mengisi link presensi yang sudah disediakan. (SN)