PENINGKATAN DIGITALISASI
Peserta

KKG GPAIBP Kecamatan Jatisrono

Jatisrono – Guna menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik berbasis web atau yang sering kita kenal dengan istilah e-rapor, KKG PAIBP Kecamatan Jatisrono menggelar bimtek pada Senin 8 Maret 2021. E-rapor ini nantinya akan terhubung langsung dengan server data milik Kemendikbud. Bimtek e-rapor ini sukses digelar dengan diikuti oleh seluruh guru mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kecamatan Jatisrono yang berjumlah kurang lebih 28 orang.

Bimtek e-rapor  dibuka oleh pengawas Pendidikan Agama Islam SD Kecamatan Jatisrono Nur Khasanah, M.Pd.I. Melalui sambutan beliau menekankan bahwa guru Pendidikan Agama Islam tetap harus melek terhadap IT dan terus mengikuti perkembangan yang ada. Beliau juga menyampaikan harapannya terkait para guru yang harus mampu secara mandiri melakukan pengerjaan pada e-rapor. Berlangsung selama hampir 3 jam, tidak menyurutkan semangat para guru untuk mengikuti bimtek ini dari awal hingga akhir.

Demi kelancaran bimtek dan tersalurkannya materi dengan baik, KKG PAIBP Kecamatan Jatisrono menggandeng narasumber dari Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Wonogiri yakni Joko Susilo. Tidak hanya sekedar teori yang disampaikan, seluruh peserta diminta untuk melakukan praktek secara langsung dengan didampingi oleh masing-masing operator sekolah.

“Sama halnya aplikasi presensi di Kabupaten Wonogiri yaitu Hadirku, awalnya memang sulit namun lama-lama akan terasa mudah karena sudah terbiasa menggunakannya.” ujar narasumber yang memberikan materi sekaligus motivasi kepada para peserta bimtek. Meskipun dilaksanakan secara daring, para peserta tetap berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan hal-hal yang belum jelas supaya output dari pelaksanaan bimtek ini dapat dilaksanakan untuk memenuhi kewajiban guru yakni pengisian e-rapor.  (Rohmah Jimi Sholihah)