VIRTUAL E-RAPOR BERSAMA TIM KKG PJOK DWIJA KEDUANG
EM

Edy Sumarsono – Ketua KKG PJOK Dwijo Keduwang Jatisrono

KKG PJOK Dwija Keduang menyelenggarakan sosialisasi dengan  materi E-Rapor secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 1 April 2021 dimulai pukul 09:30 wib diikuti hampir semua anggota KKG PJOK Dwija Keduang dan berjalan dengan lancar. Pembahasan materi E-Rapor ini dilaksanakan 2 tahap, secara virtual dan tatap muka. Untuk pelaksanaan secara tatap  muka akan dilaksanakan pada minggu berikutnya dan tidak lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Diperlukan pertemuan secara tatap muka guna untuk praktek secara langsung menggunakan aplikasi E-Rapor agar lebih bisa dipahami cara menggunakan aplikasi E-Rapor tersebut.

Kegiatan ini dipandu oleh tim kreatif PJOK Dwija Keduang yang terdiri dari Luchy Hendra W, S.Pd sebagai host, Mujiono, S.Pd sebagai Moderator, dan Kalis, S.Pd sebagai Narasumber. Berkumpul di SDN 1 Jatisrono guna menjalankan tugas, karena di SDN 1 Jatisrono jaringan internet sudah sangat memadahi sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tidak terkendala signal. Tidak lupa tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka dengan berdo’a bersama dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya, selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh Ketua KKG PJOK Dwija Keduang Drs. Edy Sumarsono, menyatakan bahwa diharapkan semua anggota KKG PJOK Dwija Keduang untuk mengikuti kegiatan pembahasan E-Rapor secara virtual dan tatap muka, agar semua memahami dan mudah mengelola aplikasi E-Rapor tersebut. Serta memberikan motivasi kepada semua anggota KKG PJOK Dwija Keduang agar terus belajar dan berkembang.

Pemaparan materi inti oleh Kalis, S.Pd dengan materi E-Rapor dijelaskan cara mengelola aplikasi E-Rapor dengan urut dan baik serta mudah dipahami. Cara pertama yaitu login aplikasi E-Rapor, lalu mengisi username, password, pilih level user, dan tahun ajaran. Untuk PNS, pengisian username diisi dengan NIP masing-masing guru. Dan untuk honorer, pengisian username diisi dengan nama masing-masing guru. Cara mengerjakan aplikasi E-Rapor harus dengan urut dari atas. Terlebih dahulu melakukan pemetaan KD sesuai dengan penilaian yang akan dilakukan. Selanjutnya guru diajarkan untuk mengimpor nilai rapor dari data yang telah disiapkan sehingga lebih mudah dalam pengimputan nilai rapor. Untuk lebih memahami cara mengelola aplikasi E-Rapor, diadakan sosialisasi KKG PJOK Dwija Keduang tahap kedua untuk materi E-Rapor secara tatap muka. (Cicik, KKG PJOK Dwija Keduwang)