PEMANTAPAN E-RAPOR KKG PJOK DWIJA KEDUANG

Anggota KKG PJOK Dwija Keduwang

EduJati 8/4/2021 –  KKG PJOK Dwija Keduang melaksanakan kegiatan KKG untuk membahas E-Rapor di Aula Korwil Biddik Jatisrono, dimulai  pukul 08:00 wib diikuti hampir semua anggota KKG PJOK Dwija Keduang dan berjalan dengan lancar. Pembahasan materi E-Rapor ini merupakan tahap kedua, tahap pertama sudah dilaksanakan secara daring pada minggu lalu Kamis, 1 April 2021, pertama kali melaksanakan pertemuan secara tatap muka pada hari Kamis, 8 April 2021 dengan pembahasan materi E-Rapor. Tidak lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Kepada semua peserta dimohon untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu.

Edy Sumarsono selaku ketua KKG  membuka acara sekaligus memberi sambutan serta motivasi kepada semua anggota KKG PJOK Dwija Keduang, dan dilanjutkan sambutan oleh Dwi Agus Muji Supanta selaku pengawas PJOK Kecamatan Jatisrono.

Dwi Agus Muji Supanta, memberikan sambutan dan motivasi kependidikan

Selanjutnya, pemaparan materi oleh Joko Susilo selaku narasumber, beliau memaparkan materi tentang E-Rapor dengan jelas dan rinci. Semua peserta KKG PJOK Dwija Keduang yang mengikuti kegiatan tersebut menyimak dan mengikuti setiap arahan dari narasumber dengan membuka akun E-Rapor serta mempraktikkan secara langsung. Tahap awal yaitu login pada aplikasi E-Rapor terlebih dahulu dan melakukan pengisian pemetaan kompetensi dasar serta melakukan perencanaan penilaian. Cara mengelola aplikasi E-Rapor harus dikerjakan dengan urut dari atas. Pemaparan materi E-Rapor berjalan dengan lancar sampai diakhir penjelasan. Aplikasi E-Rapor ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Dapodik. Maka dari itu, bertujuan untuk memberi fasilitas guru dan sekolah agar lebih mudah dalam merencanakan dan mengolah penilaian hasil belajar siswa.

Selanjutnya, narasumber memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk mengajukan pertanyaan. Pada sesi tanya jawab terdapat beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan dijawab dengan baik dan rinci oleh narasumber. Kegiatan penutup, Edy Sumarsono menyampaikan kesimpulan dari seluruh rangkaian acara yang sudah dilaksanakan.

Pada akhir acara diputuskan untuk seluruh anggota memantapkan pemetaan KD terlebih dahulu agar menyamakan persepsi dan isian data KD agar seragam untuk seluruh anggota KKG PJOK Dwija Keduang serta pada pertemuan luring berikutnya dapat mencetak pada kertas pemetaan KD tersebut agar memudahkan pada saat mengisi E-Rapor. Seluruh anggota KKG PJOK Dwija Keduang baik guru senior maupun yang baru sangat antusias untuk mensukseskan program Dinas P & K agar seluruh sekolah menggunakan aplikasi E-Rapor. (Akid-Jatisrono)