KKG PAI Kecamatan Jatisrono Sukses Gelar Seleksi MTQ dan MTTTQ Berbasis Video
Tim Juri MTQ

Penilaian Video MTQ (Doc Pribadi)

Dalam rangka memeriahkan ajang MTQ dan MTTQ Tingkat Kabupaten Wonogiri, KKG PAI Kecamatan Jatisrono menggelar seleksi di tingkat kecamatan pada Senin 22 November 2021. Peserta seleksi meliputi siswa siswi di jenjang SD dan sederajat se Kecamatan Jatisrono. Peserta dibagi menjadi dua cabang lomba dan diikuti oleh peserta baik putra maupun putri. Cabang lomba dibedakan menjadi dua yakni MTQ dan MTTQ. MTQ merupakan cabang lomba yang kerap disebut dengan tilawah sedangkan MttQ adalah cabang lomba berupa tartil.  Dari seleksi ini akan diambil juara 1, 2 dan 3 per cabang dan masing-masing juara 1 akan mewakili maju ke tingkat kabupaten.

“Penilaian seleksi kali ini masih seperti biasanya meliputi tajwid, makhraj dan nada.  Ada beberapa peserta yang menggunakan nada yang bagus namun harus tersingkir karena tidak memperhatikan tajwidnya.” ucap Kasmo, selaku ketua KKG Pendidikan Agama Islam.

Juri dari kegiatan ini diambil dari empat guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Jatisrono diantaranya Kasmo, S.Ag, Abdul Somad, A. Ma, Nanik Mustamiroh, S.Pd.I dan Rohmah Jimi Sholihah, S.Pd.I. Keempatnya menilai setiap cabang lomba berdasarkan video yang dikirim oleh masing-masing peserta. Penilaian didasarkan pada tajwid, makhraj dan nada yang digunakan oleh peserta. Meskipun demikian, karena lomba ini berbasis video, durasi waktu dan pengambilan video juga tidak luput dari perhatian.

Pemenang cabang lomba MTTQ putra dan putri berhasil diraih oleh SDIT Rumus atas nama Muhammad Luthfi Yahya dan Denis Anista. Sedangkan untuk cabang MTQ dimenangkan Naufal Setyo Adi Saputro dari SDN Semen dan Fatimah Azzahro Humairo dari SDIT Ibnu Sina. Harapan besar para juri, setelah pertemuan tatap muka diperbolehkan, bapak ibu guru kembali dapat membimbing putra-putri terbaiknya secara maksimal sehingga melahirkan generasi yang fasih dalam membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur’an. (TW)