Anak Desa Membelah Angkasa Nusantara
HGN

Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam HGN dan HUT KORPRI 2021

Masa pandemi Covid-19 sempat memberi dampak perubahan pada segala aktivitas yang sudah berjalan saat ini. Segala bentuk kegiatan yang tadinya dilakukan secara luring,  pada masa pandemi hampir seluruh kegiatan dilakukan secara daring.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat  dari Ananda Aura Putri (11 tahun) siswi Kelas 5 SDN 1 Gunungsari, Kecamatan Jatisrono yang berhasil meraih prestasi Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD Tingkat Nasional yaitu menjuarai Cabang Olahraga Pencak Silat Kategori Jurus Tunggal Putri yang dilakukan secara daring pada tanggal 20 s.d 26 September 2021.

Rumah  Ananda Aura yang berdekatan dengan SDN 1 Gunungsari membuat dirinya  gigih berlatih, setiap sore di halaman sekolah dan berhasil meraih prestasi. Sebelum mewakili ke tingkat kabupaten Wonogiri sebelumnya seleksi ditingkat Korwilcam Bidang Pendidikan Jatisrono, Siswi tersebut memang sudah kelihatan memukau dari gerakan dan kegesitan sebagai seorang atlit pencak silat. Setelah mewakili kecamatan Jatisrono Ananda Aura Putri menjuarai ditingkat Kabupaten Wonogiri hingga melaju ketingkat provinsi, di tingkat Provinsi Jateng mendapat juara ke dua, sehingga mengantarkan dia melenggang ke tingkat Nasional yang diikuti oleh 34 Provinsi se Indonesia yang masing masing provinsi sebanyak 3 peserta. Meskipun gagal sebagai juara nasional Ananda Aura Putri tidak patah semangat dalam berlatih sebagai seorang atlit pencak silat.

Selasa, 30 November 2021 Ananda Aura Putri dengan didampingi oleh Kepala SDN 1 Gunungsari – Susetyo Hadi, menghadiri undangan Puncak Acara Hari Guru Nasional dan HUT ke-50 KORPRI di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Susetyo Hadi selaku kepala sekolah merasa bangga memiliki siswa yang dapat mengharumkan nama SDN 1 Gunungsari sebagai juara Lomba KOSN Pencak silat tunggal putri Tingkat Provinsi Jawa Tengah, dia mengharapkan setelah Prestasi yang diraih siswanya, ke depan muncul estafet  atlit-atlit dari SDN 1 Gunungsari sehingga prestasi non akademik dapat terus diraihnya. Selaku kepala sekolah yang hampir purna tugas, Susetyo Hadi berharap tetap dapat menginspirasi teman sejawat maupaun siswa-siswinya agar tetap semangat dalam meraih prestasi.

(Diana Paramitasari)