Indahnya Langit (Pendidikan) Jatisrono Jelang Akhir Tahun

Menjelang penutupan akhir tahun 2021, Korwil Kecamatan Jatisrono Bidang Pendidikan menggelar Rapat Akbar. Acara yang diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah Kecamatan Jatisorno ini digelar pada tanggal 30 Desember 2021 mulai Pukul 09.00 hingga selesai. Dengan mengambil tema Refleksi Akhir Tahun, banyak hal yang disampaikan oleh jajaran Pengawas Sekolah yang berkaitan dengan tugas sehari-hari sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan baik ASN maupun Non ASN.

Meeting

Studio 1 Korwilcam Bidik Jatisrono

Mengawali acara, Paiman selaku Korwilbiddikcam menyampaikan Laporan Kegiatan Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2021-2022. Beliau menyampaikan ucapan syukurnya bahwa Kecamatan Jatisrono pada tahun ini banyak memperoleh peringkat juara di berbagai bidang kejuaraan maupun prestasi yang lain. Beliau berharap di tahun-tahun yang akan datang nama Jatisrono semakin berkibar, lebih baik dari tahun ini. Lebih lanjut Paiman menyampaikan bahwa dalam menyelesaikan segala urusan tugas kedinasan maupun perlombaan kita semua harus berkolaborasi, karena tidak mungkin prestasi dapat dihasilkan seorang diri. Dukungan berbagai pihak sangat dibutuhkan agar kita bisa melangkah lebih jauh ke depan.

Refleksi pertama disampaikan oleh Pengawas Sekolah, Sri Hartati Sarireni. Beliau berpesan bahwa segala hal yang berkaitan dengan aplikasi presensi Hadirku jangan lagi ada kesalahan yang terulang di masa depan. Sementara Indar Hardiyanto menyampaikan materi akun belajar.id yang sudah difasilitasi secara gratis oleh Kemdikbud wajib diaktivasi dan dimanfaatkan seoptimal mungkin guna menunjang pekerjaan sehari-hari. Refleksi selanjutnya disampaikan oleh Pengawas Sekolah Nurhidayah selaku pendamping guru agama, beliau menyampaikan rasa bangganya bahwa selama pandemi pendidkan agama di Jatisrono tidaklah padam. Guru-guru hebat Jatisrono banyak melakukan inovasi pembelajaran selama pandemi, bahkan menyelenggarakan kultum sebulan penuh selama bulan ramadhan kemarin. Refleksi kegiatan TK/PAUD yang seyogianya disampaikan oleh Pengawas TK/PAUD, Tri Haryani disampaikan oleh Paiman karena beliau sedang bertugas Dinas Luar. Prestasi yang diperoleh selama satu tahun oleh guru TK/PAUD di Kecamatan Jatisrono.

 

Selain refleksi yang disampaikan oleh seluruh jajaran Pengawas Sekolah, acara Rapat Akbar juga mendapat sambutan dan apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nurshanti. Beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh Korwilbiddikcam Jatisrono selama ini.

Acara Rapat Akbar ditutup dengan memberikan sejumlah penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, maupun sekolah yang telah mengharumkan nama Jatisrono selama tahun 2021. Diantara kategori penghargaan itu ialah: Perpustakaan Tergiat diraih oleh Puri Indria, perpustakaan milik SDN 1 Jatisrono; Sekolah Kreatif dan Inovatif diraih oleh SDN 1 Pelem; Guru ASN Kreatif dan Inovatif diraih Rohmah Jimy Solihah, Kepala Sekolah Berdedikasi diraih Ponco Handono; Sekolah cepat tanggap diraih SDN 1 Tanggulangin; GTT Berdedikasi diraih Joko Susilo, SDN 1 Pelem; Guru Berdedikasi diraih Widayanti, SDN 2 Jatisari; PTT Berdedikasi, Linda Sulistyowati, SDN 2 Jatisari; Sekolah Berprestasi diraih SDN 1 Jatisrono; dan SeKolah Peduli 7K diraih oleh SDN 1 Ngrompak.

Setelah melalui refleksi kegiatan selama satu tahun ini, diharapkan kegiatan ditahun mendatang Jatisrono akan menjadi lebih dan lebih baik lagi. Seperti yang disampaikan Paiman bahwa baru 25% kekuatan yang digunakan Kecamatan Jatisrono saat ini, sehingga sangat perlu untuk kembali menemukan mutiara-mutiara terpendam yang perlu untuk diasah dan dipoles sedemikian rupa untuk penyegaran dengan harapan akan membawa kemajuan bagi pendidikan di Kecamatan Jatisrono. (SN)