Rembug Gayeng Maju Bareng, Syafei Luncurkan Round KKG

Jatisrono – Sabtu (29 Januari 2022) Setelah dua tahun kegiatan KKG dilaksanakan secara daring akibat pandemi, Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Muh.Syafei Kecamatan Jatisrono melaksanakan kegiatan pertemuan rutin yang perdana secara luring. Kegiatan KKG pada bulan Januari 2022 ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Jatisrono Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri, dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta seluruh anggota KKG Gugus Muh. Syafei. Korwil bidang Pendidikan Kecamatan Jatisrono dan Permateri yang sedianya hadir berhalangan karena ada acara di tempat lain.

Peserta KKG Muh. Syafei

Acara KKG dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza, dialnjutkan sambutan dari Sri Temu sebagai Ketua Gugus Muh. Syafei. Dalam sambutannya, Sri Temu mengajak seluruh anggota untuk mendukung program-program yang telah diagendakan oleh pengurus KKG. Sebelum acara pemaparan program dimulai, Ketua KKG, Siti Nurjanah mengajak seluruh guru yang hadir untuk menuangkan harapan dan komitmennya untuk kegiatan KKG di tahun-tahun yang akan datang. Acara dilanjutkan pemaparan program KKG oleh Siti Nurjanah selaku Ketua KKG. Dalam Kegiatan perdana ini KKG Gugus Muh. Syafei meluncurkan program Round KKGRound KKG merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan selama periode Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam Round KKG akan diadakan di tempat yang berbeda untuk berbagi praktik baik secara bergantian dari guru-guru anggota gugus Muh. Syafei. Siti menegaskan bahwa sekarang sudah bukan zamannya berkompetisi namun sudah saatnya berkolaborasi. Melalui ajang berbagi Praktik Baik tersebut diharapkan seluruh Guru anggota Gugus Muh. Syafei dapat bersinergi membawa arah pendidikan menjadi lebih baik lagi.

Paparan Narasumber KKG

Siti juga menegaskan bahwa KKG adalah wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi, baik kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional atas dasar keakraban, kebersamaan kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk meningkatkan kompetensi. Dengan mengusung slogan rembug gayeng maju bareng, ke depan Gugus Muh. Syafei diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat para anggotanya.

Kegiatan Materi Pemantapan RPP dan Bahan Ajar di semester 2 yang sedianya akan disampaikan oleh narasumber sebagaimana yang dijadwalkan diambil alih oleh Ketua KKG dan disampaikan secara ringkas. Tak lupa, Siti memperkenalkan sekelumit mengenai paradigma Kurikulum Prototype yang sedang digulirkan Kementrian Pendidikan di Sekolah-sekolah Penggerak. Acara ditutup dengan doa bersama dan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri. (Rina Wulandari-SDN Mojoroto)