PRAKTIK BAIK, ANGIN SEGAR MELAWAN KEBOSANAN

EduJati-Kamis, 10/02/2022. Round KKG Gugus Muhammad Syafei putaran pertama, Berbagi Praktik Baik materi Pemantapan RPP dan Bahan Ajar digelar di sekolah terpilih yaitu SDN Kradegan, kurang lebih 3 km sebelah tenggara SD Negeri 2 Jatisrono sebagai SD Inti. Peserta KKG terlihat kompak dan antusias saat menghadiri Round KKG kali ini. Jauhnya jarak tidak menjadi penghalang berkobarnya semangat para guru di Gugus Muhammad Syafei untuk saling belajar sekaligus bersilaturahmi. Semua anggota justru terlihat menikmati perjalanan dan pertemuan hari ini.  Ini membuktikan bahwa Round KKG Muhammad Syafei menjadi angin segar melawan kebosanan.

Peserta KKG Moh. Syafei

Acara dimulai dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, dilanjutkan kata sambutan dari Ketua Gugus Muh. Syafei, Sri Temu. Beliau menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kesiapan SDN Krandegan dalam menjadi tuan rumah Round KKG. Beliau berharap KKG ini menjadi ajang silaturahmi satu gugus, dan menjadi sarana mengenal secara dekat kondisi SD yang mungkin belum pernah dikunjungi sebelumnya. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah, Parno selaku Kepala SDN Krandegan. Beliau mengajak agar guru secara bersama-sama mengembangkan kebudayan Jawa, salah satunya melalui KKG. Mengapa KKG? Karena KKG beranggotakan guru, dan guru adalah sosok yang berhadapan dan dituruti oleh siswa sebagai generasi penerus bangsa. Swasana ilmiah dadi soroting sekolah. Sekolah sekalir dipun olah. Panjangka tekane kudu dipathok karo panjangkah, pesan Beliau memberi petuah.

Kata sambutan dilanjutkan oleh Ketua KKG, Siti Nurjanah. Senada dengan Parno, beliau menyampaikan pentingnya pelestarian budaya Jawa. Tujuannya agar peserta didik tidak lupa akan identitas asal daerah dan budaya yang sudah terdegradasi oleh zaman. Beliau juga menghimbau untuk senantiasa waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan, agar selamat dari badai ketiga pandemi covid 19. Harapan kedepan, baik luring atau daring Round KKG tetap berlanjut.

Sri Handayani – membawakan acara dengan luwes.  Ada hal menarik pada Round KKG di SD Krandegan kali ini. Susunan acara disampaikan dalam Bahasa Jawa Krama. Hal ini dilakukan untuk melestarikan adat budaya Jawa yang adiluhung, dengan memperkenalkannya kepada generasi muda. Ini adalah wujud nyata upaya para guru untuk menyelamatkan budaya daerah yang semakin tergerus oleh arus globalisasi.

Narasumber dalam KKG

Kegiatan inti Berbagi Praktik Baik Materi Pemantapan RPP dan Bahan Ajar disampaikan oleh Guru Kelas 3 SD Negeri Krandegan, Rossiana Novitasari dengan ringkas dan jelas.  Melalui ajang ini, diharapkan semua guru di Gugus Muhammad Syafei dapat berkolaborasi, dan bersinergi membawa pendidikan menuju arah yang lebih baik lagi. Untuk mewujudkannya, di laksanakan diskusi tentang RPP dan Bahan Ajar.

Acara berlanjut dengan pengarahan dari Korwilcam Biddik Jatisrono, Paiman.  Pada kesempatan ini beliau mengajak peserta KKG untuk menyanyikan lagu Tanah Airku ciptaan Ibu Sud. Beliau menegaskan sak hiyeg sak eka praya, bahwa kebersamaan adalah kunci keberhasilan. Keberhasilan akan dicapai bila ada pengorbanan. Juga harus bisa saling mendengarkan. Dengan menjaga kekompakan dan kebersamaan, diharapkan hasil yang indah pada akhirnya. Kegiatan ditutup dengan Refleksi, menyanyikan Lagu Bagimu Negri dan Doa.  (Sutri Lestari-SDN 2 Gondangsari)