Learning Tahfidzul Quran, SDN 1 Pelem hadirkan Hafidz Quran.

EduJati, 13/04/2022. Learning Tahfidzul Quran, SDN 1 Pelem hadirkan Hafidz Quran.

Sebagai sekolah yang warganya 100% muslim ini, SDN 1 Pelem kecamatan Jatisrono, berupaya kuat untuk mewujudkan lulusan yang handal dan kokoh dalam karakter religius. Kegiatan yang dikemas dalam wadah pesantren Ramadan yang digelar pada tanggal 11 sampai dengan 13 April 2022, bertempat di Masjid SDN 1 Pelem.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, bahwa dalam satu minggu di bulan Ramadan dapat diisi dengan peningkatan keimanan dan ketaatan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Pembukaan Pesantren Ramadan SDN 1 Pelem, Senin, 11 April 2022

 

Seusai pembacaan ayat suci Al Quran yang disampaikan oleh Najiib Nashiruddin Al Ayyubi (siswa kelas III), Parno – Kepala SDN 1 Pelem, membuka kegiatan dan menyampaikan bahwa Bulan Ramadan adalah bulan pendidikan, terutama mendidik karakter religius.

Mashuri Dwi Purnomo – guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menyampaikan materi sejarah islam dan perkembangannya. Materi kedua tentang tata cara beribadah, disampaikan oleh Nur Hayati – merupakan sosok Tenaga Kependidikan yang menhabiskan tenaganya untuk berjuang demi generasi bangsa. Materi Adab dan Akhlak disampaikan oleh Agung Setiadi – Guru Kelas V, yang menekankan pada etika dan sopan santun dalam berbicara.

Kegiatan yang diikuti oleh 145 siswa dan 3 Wali Murid SDN 1 Pelem

Ustaz Aris Abu Yusron bersama Ustaz Zuhri Rohmansyah – keduanya merupakan Hafidz Quran sekaligus pembina ketahfidzan di MTs TQ Al Barokah Kecamatan Purwantoro, memberikan materi Teknik Menghafal Al Quran. Selama dua jam penuh, materi cara menghafal alquran ini diberikan dengan metode langsung praktik baik bagi siswa yang belum bisa baca quran maupun yang sudah.

Suasana menjadi pecah ketika seluruh peserta dengan tampak ceria mulai melantunkan hafalan ayat demi ayat dengan merdu. Dipenghujung acara, diberikan beberapa doorprize berupa Mushaf Al Quran kepada peserta yang berani untuk mempraktikkan hasil bejalarnya. (JS)