Tingkatkan Iman dengan Sanlat SDN 1 Jatisrono

Pesantren kilat atau yang biasa disingkat Sanlat pada tanggal 13-14 April 2022 di SDN 1 Jatisrono merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam kurun waktu yang singkat. Sanlat diadakan dengan tujuan memberi ruang untuk anak agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat serta meningkatkan keimanan kita.

Adapun kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, bahwa dalam satu minggu di bulan Ramadan dapat diisi dengan peningkatan keimanan dan ketaatan terhadap Tuhan. Melalui sanlat, anak-anak bisa belajar untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan banyak ilmu agama dan karakter, hingga mengindarkan dari hal-hal kurang bermanfaat seperti bermain game,  handphone atau menonton televisi.

Materi di dalam sanlat akan mengajarkan anak-anak untuk mengenal Agama Islam secara mendalam. Cakupannya mengenai materi ibadah (wudhu dan salat) disampaikan Tri Winarni selaku guru Agama Islam, Dwi andayani, Urip Sugiyanti. Materi Akhlaq (adab dan hafalan doa sehari-hari) disampaikan Anik Asmorowati, Al Qur’an (Iqra’ dan hafalan surat) diberikan oleh Nanik Retnowati, Kairul Ardiasyah, Siti Nurhidayah, Etik Subaidah, Syafrina Rahma, Siska Purnawati. Materi disampaiakan secara apik diselingi lagu-lagu islami, cerita ilami dan permainan yang dibagi menjadi 3 kelompok disetiap harinya.  Sanlat meningkatkan iman pada siswa siswi SDN 1 Jatisrono menjadi lebih baik. (NRW)