Awali PTM 100% SDN 4 Jatisrono gelar Pesantren

Senin, 25 April 2022 awal pembelajaran tatap muka 100%  mulai diberlakukan untuk seluruh siswa kelas I-V di SD Negeri 4 Jatisrono, sedangkan kelas VI sudah mulai sejak 18 April 2022 saat pelaksaan Ujian Sekolah. PTM 100% ini diawali dengan kegiatan pesantren Ramadan selama 2 hari yang diikuti oleh 147 peserta dari siswa kelas I sampai kelas V. Sekolah menggandeng takmir masjid sekitar sebagai penyampai materi dalam kegiatan tersebut. Pihak sekolah sengaja mengundang pemateri dari luar guru SDN 4 Jatisrono karena selain lebih kompeten dalam bidangnya (ilmu keagamaan) juga supaya anak-anak lebih semangat, mendapatkan suasana lain dan pengalaman baru.

Suasana Pesantren SDN 4 Jatisrono

Semarak kegiatan tampak dari antusias peserta dalam mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan oleh dua dai Ramadan dari pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Magelang yang menjadi pemateri utama dalam pesanten kilat tersebut. Ustadz Muhammad Hidayatullah menyampaikan materi adab-adab dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adab makan minum, adab di kamar mandi, di masjid, dan adab terhadap orang tua, yang disertai dengan hafalan doa-doanya. Materi ini disampaikan secara komunikatif, sehingga peserta tampak aktif merespon.

Sedangkan ustadz Muhammad Azkan Nawa dengan semangat menyampaikan kisah Nabi Muhammad saw dan Nabi Ibrahim as yang menekankan pada keteladanannya yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat mencontoh perilaku nabi Muhammad saw yang jujur, dapat dipercaya dan cerdas sedangkan dari kisah nabi Ibrahim a.s, diharapkan siswa dapat mencontoh perilaku berani dalam kebaikan, taat, sabar, ikhlas dan rela berkurban.

Disisi lain guru Agama Islam dan  beberapa guru kelas SDN 4 Jatisrono juga terlibat membimbing peserta pesantren melakukan wudu dan salat yang benar dan berlanjut pada hari kedua  yaitu belajar Alquran secara privat. Dari sini nampak siswa yang masih perlu bimbingan dan perlu peningkatan.

Kegiatan pesantren Ramadan ini memberikan pembelajaran yang mendalam mengenai ilmu-ilmu agama, sehingga diharapkan mampu meningkatkan ketaqwaan dan kesalihan siswa dalam perilaku kehidupan sehari-hari serta memaksimalkan kegiatan ibadah siswa di bulan suci Ramadhan.

Kepala SDN 4 Jatisrono, Samidi, menyampaikan, kegiatan pesantren ini menjadi awal  yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka 100% dan berharap semoga keberkahan Ramadan membawa spirit kebaikan dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan belajar mengajar dapat segera pulih kembali seperti dulu.

(Kontributor: Ana Widayanti – SDN 4 Jatisrono)