Macapat Dhandhanggula Semarakkan Halal Bi Halal Syafei

Jatisrono, 12 Mei 2022. Round KKG Gugus Muhammad Syafe’i kembali dilaksanakan di SD induk, SDN 2 Jatisrono. Mengingat situasi yang masih di bulan Syawal, maka kkg diselipi dengan acara halal bi halal sebagai ajang memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan. KKG kali ini mengambil tema Pemantapan TIK dengan memanfaatkan akun belajar.id.

Paiman-Korwilcam Bidik Jatisrono

Kegiatan dimulai dengan do’a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza oleh semua peserta, untuk kemudian dilanjutkan dengan ikrar halal bi halal oleh Ketua 2 Joko Wardoyo. Dalam ikrarnya Joko menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1443 H sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas segala khilaf untuk semua anggota yang hadir saat ini. Ketua gugus Sri Temu dalam tanggapan ikrar, selain menyampaikan pesan untuk saling memaafkan, dan makna halal bi halal beliau juga memotivasi anggota supaya lebih semangat memajukan kegiatan KKG Gugus Muhammad Syafei. 

Peserta KKG

Acara dilanjutkan dengan sambutan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Jatisrono, Paiman. Beliau memaparkan tentang kemajuan gugus Muhammad syafei dan beberapa hal teknis yang harus dipersiapkan untuk memperingati HUT Kabupaten Wonogiri di seluruh satuan pendidikan. Dalam paparannya, Paiman menyampaikan peran serta dapat diwujudkan dengan memasang MMT di masing-masing sekolah, melakukan upacara di halaman sekolah masing-masing dengan tata upacara yang telah di tentukan. Dimana peserta upacara yang diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan peserta didik dengan mengenakan pakaian adat. Hal ini merupakan wujud penanaman sikap dan nilai karakter kebangsaan. Selain hal-hal tersebut beliau juga menyampaikan akan diadakannya gelar potensi yang akan dilaksanakan Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 19 Mei 2022 perlu adanya kontribusi dari semua pihak demi kelancaran acara tersebut.

Setelah sambutan ada ice breaking oleh Parno Kepala Sekolah SDN Krandegan sekaligus Pegiat Budaya Jawa dengan menjelaskan penggunaan tembung sugeng lan wilujeng dalam bahasa jawa dan kemudian menembangkan sebuah tembang macapat untuk menjelaskan watak tembang macapat melalui tembang macapat dhandhanggula.

Agenda inti KKG dengan materi Pemantapan TIK melalui pemanfaatan akun belajar.id disampaikan secara kolaborasi dua Google Certified Educator dari Jatisrono yaitu Siti Nurjanah, dan Yozza Bagus Kuncoro. Dalam paparannya Siti menjelaskan beberapa cara mengakses beberapa fitur dari google yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari sebagai seorang guru dengan menggunakan akun belajar.id. Selain menjelaskan bagaimana mengaktivasi akun belajar.id beliau juga mengajak anggota KKG untuk bersama-sama berkolaborasi dengan google drive dan google doc.

Kegiatan KKG ditutup dengan mengulang tembang macapat yang telah disampaikan di depan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Bagimu Negri dan berdoa bersama. (Umi AQ – SDN Mojoroto)