Semarak Hardiknas Wujudkan Budaya Nusantara

Jumat, 13 Mei 2022 SD Negeri 1 Gunungsari peringati Hari Pendidikan Nasional, HUT Wonogiri yang ke 281, dan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022. Kegiatan diawali dengan upacara bendera di halaman sekolah. Bertindak sebagai Instrukur Upacara, Susetyo Hadi Kepala SD Negeri 1 Gunungsari. Dalam amanatnya beliau membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Petugas upacara sepenuhnya diserahkan kepada siswa-siswi SDN 1 Gunungsari dengan menggunakan pakaian adat nusantara. Antusias para wali murid dan juga siswa-siswi di SDN 1 Gunungsari dapat dilihat dari keragaman pakaian adat nusantara yang dikenakan oleh siswa. Tidak hanya pakaian adat dari Jawa saja, tapi sebagian mengenakan pakaian adat dari Betawi, Bali, bahkan Papua.  Kreativitas siswa-siswi SDN 1 Gunungsari juga sangat tinggi, pakaian adat yang mereka kenakan ada yang terbuat dari tali rapia dan daun nangka yang dipakai untuk mahkota di kepala. Bukan hanya itu, banyak pula pakaian yang di modifikasi menjadi model pakaian adat dari daerah lain tanpa mengubah ciri khas dan keunikan dari daerah tersebut. Hal itu tentu saja dapat menambah wawasan para siswa-siswi untuk lebih mengenal budaya nusantara khususnya pakaian adat yang selama ini hanya mereka lihat di berbagai sumber belajar. Kegiatan Hardiknas dengan mengenakan pakaian adat nusantara, juga dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan meningkatkan sikap toleransi akan adanya keragaman budaya yang ada di Indonesia. 

Guna menambah kemeriahan serangkaian acara Hardiknas tahun 2022 ini, sekolah juga membuat berbagai macam kegiatan dan doorprize untuk para siswa. Kegiatan tersebut meliputi kuis Hardiknas, lomba joget, lomba fashion show, kategori kostum terunik, dan juga lomba karaoke. Kemeriahaan acara Hardiknas di SDN 1 Gunungsari tidak hanya sampai disitu saja, karena Korwil Kecamatan Jatisrono, Paiman juga berkenan hadir untuk mengisi acara. Beliau memberikan berbagai macam kuis yang sangat menarik dan mendidik bagi para siswa. Beliau juga memberi motivasi agar para siswa semakin bersemangat dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, dan meningkatkan prestasi belajar. (Diana P – SDN 1 Gunungsari)