Semarak Peringatan Hardiknas SDN 2 Gondangsari

Jumat 13 Mei 2022, suasana terasa begitu berbeda di SD Negeri 2 Gondangsari. Tampak seluruh warga sekolah baik guru, tenaga kependidikan maupun siswa mengenakan pakaian adat. Sebagian besar dari mereka berbusana adat Jawa dan sebagian berbusana adat daerah lain. Wajah-wajah sumringah dan semangat tampak sejak pagi. Pada hari tersebut diagendakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hardiknas, Harkitnas, dan HUT Kabupaten Wonogiri ke 281.

Pengibaran Bendera Merah Putih

Upacara bendera yang dilaksanakan sebagai agenda pertama, dipimpin oleh siswa Nayla Ayu Pramesti siswi kelas lima. Bertindak sebagai Instruktur Upacara, Paiman – Korwilbidikcam Jatisrono yang pada kesempatan tersebut berkenan turut serta memeriahkan kegiatan peringatan sejumlah hari besar tersebut. Dalam amanatnya beliau membacakan sambutan Peringatan Hardiknas dari Mendikbudristek RI. Selain itu beliau juga berpesan agar anak-anak sungguh-sungguh dalam belajar agar tercapai apa yang dicita-citakan di masa yang akan datang. Kedepan anak-anak diminta untuk menekuni bakat dan minatnya dengan kesungguhan hati. Sebelum upacara dibubarkan diadakan aubade sejenak dengan menyanyikan tiga buah lagu wajib nasional Hymne Guru, Syukur, dan Bagimu Negri.

Costum Terbaik

Agenda yang dilaksanakan setelah upacara adalah lomba fashion show yang diikuti oleh siswa-siswi perwakilan kelas. Acara ini begitu meriah dengan penampilan anak-anak yang lucu dan menggemaskan. Beberapa anak tampak malu-malu, namun tetap berusaha menunjukkan penampilan terbaik mereka. Kemeriahan semakin menjadi-jadi ketika di sela-sela fashion show, Paiman memberikan kuis berhadiah yang langsung disambut dengan suka cita oleh anak-anak. 

Anak-anak juga mengikuti kegiatan kuiz berhadiah setelah beristirahat sejenak dengan makan bekal bersama-sama. Agenda dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan kuis. Tampak anak-anak sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Sejumlah wali murid juga tampak bersemangat untuk memonitor acara demi acara. Kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan foto bersama dan pengambilan video ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional. (Nanik Setyaningsih – SDN 2 Gondangsari)