Minggu, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Media Edukasi Jatisrono

Menuju penghujung Agustus

Menuju penghujung hari di bulan Agustus, KKG Gugus Muhammad Syafei menyelenggarakan pertemuan kembali pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 di SD Negeri 2 Sidorejo Kecamatan Jatisrono dengan tema Merdeka Belajar.

Endang Suwarti – Narasumber KKG

Kegiatan KKG diawali dengan berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dengan dipimpin oeleh Desi Veritasari sebagai master of ceremony, kegiatan berlangsung lancar. Korwilbidikcam Jatisrono, Paiman dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya kita harus handarbeni yaitu menyayangi apa yang kita miliki dan menjalani apapun keadaanya. Tak lupa beliau menyampaikan berbagai teknis unggahan E KOSP-KTSP berikut lampiran-lampirannya dalam aplikasi Microsoft Teams. 

Acara terus bergulir dengan penyampaian materi Pembuatan Modul Ajar oleh Endang Suwarti yang merupakan Guru SD Negeri 2 Sidorejo. Endang menyampaikan poin-poin penting dalam menyusun modul ajar. Disamping itu pula beliau menganjurkan anggota KKG yang lain untuk melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) modul-modul yang tersedia di PMM (Platform Merdeka Mengajar). 

Peserta KKG

Narasumber kedua, Umi Aisyah (Guru SD Mojoroto) menyampaikan tips-tips dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di kelas. Beliau menyampaikan bahwa Guru bisa melakukan hal-hal sebagai berikut: Lebih Fokus ke Materi Esensial dan Pengembangan Kompetensi Siswa; memahami karakter dan potensi siswa; pemetaan kemampuan siswa;; berorientasi holistic; dan menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Ketua KKG Siti Nurjanah, dalam refleksinya memberikan penguatan materi serta mengajak anggota KKG untuk seru-seruan melakukan game estafet cerita pendek. Seluruh peserta larut dalam game tersebut. Siti menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu contoh projek yang bisa  diterapkan dalam pembelajaran. Sebagai acara pamungkas, kegiatan KKG ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negri dan berdoa bersama. (Suci Firdayani – SD Negeri 2 Jatisrono)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR