Kamis, 18 Jul 2024
  • Selamat Datang di Media Edukasi Jatisrono

Tingkatkan Religiusitas, SDN 2 Tasikhargo Gelar Pesantren Ramadhan dan Buka Bersama

Momentum Ramadhan dimanfaatkan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan di SD Negeri 2 Tasikhargo untuk meningkatkan religiusitas siswa. Sejumlah kegiatan dilaksanakan selama satu hari penuh pada Selasa 28 Maret 2023. Pesantren ramadhan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah yang dilanjutkan dengan tausiyah. Kegiatan berpusat di dua tempat yakni di masjid untuk siswa kelas 1-3 dan di ruang kelas untuk kelas atas yakni 4-6. Tidak hanya sekadar materi, kegiatan dikemas menarik dengan pemutaran film, salat berjamaah dan game seru berhadiah. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, kegiatan diikuti dengan penuh antusias oleh siswa.

Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Religius

Kegiatan diakhiri dengan buka bersama yang dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah di masjid yang diikuti oleh kelas atas karena keterbatasan ruangan. Pesantren ramadhan dan buka bersama memang sudah menjadi gelaran rutin di SD Negeri 2 Tasikhargo meskipun sempat vakum beberapa tahun karena adanya pandemi. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memperdalam dan meningkatkan ajaran agama serta dapat membentuk pribadi siswa yang lebih berkarakter.

Peserta dengan khidmat menyimak nasehat dari Narasumber

“Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sehingga peran sekolah tidak hanya untuk belajar hal-hal yang bersifat akademik saja namun juga dalam rangka pembentukan karakter.Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk semua.” ujar Kaelan selaku kepala SD Negeri 2 Tasikhargo.

Selain memberikan apresiasi, ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Kepala Sekolah kepada seluruh guru yang telah bekerjasama dalam kegiatan ini. Meskipun dengan jumlah personil yang terbatas, namun kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Mengingat banyak agenda di kelas VI seperti ujian praktik, try out dan penilaian akhir semester maka kegiatan hanya dilaksanakan selama satu hari. Meskipun demikian, kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan tetap diselipkan di sela-sela pembelajaran. (RJ)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR