Minggu, 21 Apr 2024
  • Selamat Datang di Media Edukasi Jatisrono

Pantes Mekar Meriahkan Grebeg Sura di Alas Mbogo

Selasa, 18 Juli 2023 Alas Wisata Mbogo Desa Tasikhargo Kecamatan Jatisrono terlihat begitu semarak. Lokasi Alas Wisata Mbogo yang dikepung area persawahan hijau dihias dengan umbul-umbul merah-putih dilengkapi panggung yang tertata apik semenjak dua hari sebelumnya yaitu Minggu, 16 Juli 2023. Hal ini dikarenakan Alas Wisata Mbogo tersebut menjadi pusat diselenggarakannya kegiatan Grebeg Sura dan Sedekah Bumi dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H. Grebeg Sura merupakan acara yang digelar rutin setiap tahun untuk menyambut datangnya Tahun Baru Hijriyah yang biasanya diperingati dengan tirakatan semalam suntuk. Untuk mewadahi kegiatan tersebut Pemerintah Desa Tasikhargo Kecamatan Jatisrono menyelenggarakan Pesta Rakyat yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Selama tiga hari tersebut disajikan berbagai penampilan karawitan, senam sehat, dan pentas seni anak-anak. Bahkan pada hari kedua juga ada penampilan Reog Ponorogo yang dimainkan oleh Grup Reog Singo Mudo dari Desa Tanjungsari Kecamatan Jatisrono. Selain penampilan dari berbagai kalangan baik pelajar maupun umum, juga terdapat bazaar disepanjang jalan sekitar Alas Wisata Mbogo untuk menggiatkan potensi ekonomi warga sekitar. Nilai-nilai yang diangkat dalam acara ini di antaranya adalah nilai simbolik, nilai tanggung jawab, nilai keindahan, nilai moral, nilai hiburan, nilai budaya, nilai sosial, nilai ekonomi, nilai apresiasi, dan nilai religius.

Dalam kesempatan tersebut SD Negeri 3 Pandeyan turut serta memeriahkan acara dengan menampilkan Regu Karawitan Pantes Mekar yang membawakan dua tembang dolanan. Regu Karawitan dengan dua puluh personil ini tampil sebanyak dua kali pada pagi dan sore hari untuk menyambut kehadiran Forkopincam Jatisrono sebagai tamu undangan. Penampilan tersebut memperoleh banyak apresiasi dari berbagai kalangan termasuk Camat Jatisrono yang memberikan acungan jempol kepada generasi penerus yang masih bersedia belajar kesenian asli budaya Jawa.

Sebagai puncak acara, diselenggarakan kirab tumpeng dari Kantor Balai Desa Desa Tasikhargo menuju Alas Wisata Mbogo. Dengan mengenakan busana adat jawa sejumlah warga berjalan kaki dengan memanggul tumpeng raksasa dan sejumlah makanan tradisional lain yang akan dibagikan kepada seluruh warga yang hadir menyaksikan perhelatan tersebut. Tanpa sungkan dengan berbalut beskap hitam ikut berjalan kaki dalam barisan terdepan tampak Kepala Desa Tasikhargo, Suyoto memimpin langsung arak-arakan tumpeng tersebut.

Dalam sambutannya, Suyoto menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut. Lebih lanjut beliau berharap kegiatan ini dapat berdampak positif terhadap warga baik secara ekonomi maupun sosial kemasyarakatan serta untuk memfasilitasi potensi lokal masyarakat sekitar baik ekonomi maupun budaya. Camat Jatisrono, Yohanes Trisnadi Tulus Karyanto menyampaikan apresiasinya terhadap warga desa yang masih melestarikan budaya warisan leluhur. Beliau berharap kedepan acara seperti ini masih dapat tetap berlangsung dengan dukungan dari berbagai pihak. Acara ditutup dengan doa dan pembagian tumpeng beserta seluruh makanan yang dibawa dalam arak-arakan sebelumnya. (SN)

KELUAR