Madu merupakan bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga-bunga. Nektar ini selanjutnya akan dikumpulkan pada sarang lebah. Di dalamnya akan mengalami tiga proses pengolahan hingga sampai menjadi madu.

Madu dikenal banyak memiliki segudang khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Mulai dari untuk perawatan kulit, membantu menyembuhkan luka, hingga sebagai antioksidan. Segudang manfaat yang terkandung di dalam madu menjadikan olahan madu dapat ditemukan di berbagai macam produk, seperti makanan, minuman, produk kecantikan, dan lain sebagainya.

Minum Madu Bisa Sembuhkan Demam, Hanya Mitos?
Namun, kebutuhan masyarakat akan madu ini sangat besar. Tak jarang ada oknum nakal yang memanfaatkan peluang ini. Sehingga tak jarang ditemukan madu palsu dan dijual secara bebas di pasaran. Memang, cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu asli tanpa campuran dan madu palsu hanya melalui kemasan saja. Oleh karena itu, Anda harus lebih jeli dan paham dalam membedakan madu asli dan madu palsu.

Cukup sulit memang untuk mendapatkan madu dengan kualitas asli ini. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan keaslian madu. Walaupun cara ini tak bisa dilakukan sebelum membeli, cara ini bisa Anda jadikan pelajaran untuk tidak memilih produk madu yang sama.

Untuk mengetahui madu asli. Anda bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran ini saat setelah membeli produknya. Namun tak ada salahnya, daripada Anda harus mengonsumsi madu palsu yang dapat mengurangi khasiat baik dari madu ini.

2 dari 4 halaman
Ciri-ciri Madu Asli
Menguji Madu dengan Kertas

Untuk membedakan madu asli atau campuran, Anda perlu coba meneteskannya atau menuangkannya ke kertas kosong. Setelah itu cobalah untuk merobek kertas yang sudah Anda tuangkan madu tadi. Kalau kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu atau sudah ada campurannya.

Merebus Madu dengan Menggunakan Sendok

Untuk bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran, Anda bisa merebus madu di atas sendok. Caranya, cukup tuangkan madu ke dalam satu sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Kalau madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok, maka dapat disimpulkan kalau madu tersebut asli atau murni. Namun, kalau madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu atau telah dicampuri dengan bahan lain di dalamnya.

Sumber: Liputan6 page 1