MEMBANGUN SEMANGAT  PAUD  DI MASA COVID 19

Kondisi wabah Covid 19 yang dirasakan hampir seluruh lapisan masyarakat di dunia membuat seluruh aktivitas manusia menjadi terbatas. Hal ini berdampak sekali terjadi pada aktivitas belajar mengajar siswa mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini sampai ke perguruan tinggi. Berdasarkan apa yang dilihat dirasakan baik guru, peserta didik dan orang tua pada proses pembelajaran yang terjadi yang sampai sekarang masih belum jelas kapan berakhirnya Covid 19 ini. Oleh karenanya perlu analisa dan pemikiran pemikiran dan tindakan yang inovatif dan kreatif dari penyelenggara pendidikan agar proses belajar tetap berlangsung.

Yang Dapat kami berikan sebagai tenaga pendidik terhadap proses belajar mengajar pada anak usia Dini adalah memberikan pendampingan pembelajaran yang tentunya di sesuaikan dengan situasi dan kondisi di mana proses pembelajaran dilaksankan melalui Pembelajaran jarak jauh (PJJ )  atau di kenal dengan kegiatan  Home Learning.

Dengan kegiatan Home learning ini kita tetap memberikan hak anak untuk mendapatkan pembelajaran dari guru,dan Guru melaksanakan kewajibannya untuk mengajar.Namun yang perlu kita perhatikan dan analisis adalah kesiapan orang tua dalam mendampingi putra putrinya di kegiatan Home learning ini, karena tidak sedikit orang tua yang belum menerapkan Work From Home sehingga tidak bisa mendampingi putra putrinya secara langsung, untuk itu diperlukan strategi yang baik agar antara pihak sekolah dengan orang tua bisa bekerja sama menjalin kemitraan untuk proses KBM Home learning ini, dan strategi atau langkah yang pertama dilakukan adalah memberikan penguatan dan pendekatan kepada orang tua bahwa kegiatan ini tentu saja akan membawa dampak yang baik untuk putra putrinya,sehingga putra putrinya masih bisa melaksanaan pembelajaran walaupun jarak jauh atau by online,dan melalui pendekatan dan pemahaman serta di tunjang oleh kebijakan pemerintah maka orang tua akan sangat welcome terlibat langsung dalam proses Home learning ini,karena Proses Home learning anak Usia Dini tentunya akan membutuhkan pendampingan orang dewasa terutama orang tua. Dengan kerjasama yang baik ini tentunya proses KBM akan terlaksana dan materi akan tersampaikan sesuai dengan yang di targetkan.

Proses pendampingan kegiatan Home Learning  dapat dilaksanakan oleh seorang tenaga pendidik /guru bisa dilakukan melalui orang tua atau anak secara langsung, proses pendampingan ini haruslah di kemas dengan menarik dan jelas sehingga orang tua bisa mentransfer kembali apa yang bu guru sampaikan kepada anaknya di rumahnya.Proses pendampingan dan tranformasi serta kreatifitas ini bisa dikemas melalui:

A.Video pembelajaran

Video pembelajaran yang di buat oleh Guru dan dikirim setiap harinya kepada orang tua melalui  WA. Guru hendaknya membuat video pembelajaran yang menarik dan memuat materi sesuai yang diperlukan,dikemas dengan bahasa guru yang baik dan intonasi serta ekspresi yang menarijk juga.

Dalam Video pembelajaran ini alangkah baiknya jika yang tampil adalah Guru nya sendiri, hal ini dimaksudkan agar siswa tidak merasa kehilangan proses KBM bersama Guru, namun  untuk siswa PAUD alangkah baiknya jika video pembelajaran ini memuat tentang soft skill dan kreatifitas menarik yang dapat dilakukan di rumah,yang mana untuk melihat hasilnya siswa diminta mengirimkan kembali photo/video kegiatan home learningnya kepada guru,sehingga guru bisa melihat sejauh mana keberhasilan siswa dalam melaksanakan proses tersebut dan sejauh mana peran serta orang tua dalam mendampingi anak.

B. Kegiatan pembelajaran langsung secara online

Melihat saat ini IT sudah trend dimana-mana ,maka saatnya kita menggunakan IT ini sebagai media pembelajaran. Kita bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran on line secara live kepada anak-anak melalui video call WA atau aplikasi lainnya yang memudahkan,namun tetap mempertimbangkan dan mengingat keterbatasan IT orang tuanya belum menyeluruh, dan latar belakang ekonomi orangtua ada tidaknya alat komunikasi HP android juga ada tidaknya ketersediaan paket internet.

C. Melalui share voice Note

Melalui voice note kepada orang tua untuk di sampaikan dan diteruskan kepada anak  kita bisa memberikan kegiatan mendongeng,hapalan do’a harian atau bahkan pesan-pesan karakter baik yang bisa dilakukan dan dilaksanakan oleh anak di rumah.

Pendampingan –pendampingan diatas akan berhasil tentunya jika adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan sekolah,karena mau tidak mau orang tua akan menjadi peranan terpenting dalam kegiatan ini, Guru hanya memberikan materi dan memandu,sedangkan orang tua yang harus turun langsung memotivasi, menstimulus agar dapat melaksanakan kegiatan Home learning tersebut, karena anak usia dini akan jauh sulitnya mendampingi di rumah,karena biasanya untuk anak paud Guru adalah yang memiliki  kekuatan penuh ,yang selalu di gugu dan di tirunya dengan istilah “Kata bu Guru …”.

Untuk itu perlu adanya pembekalan dan motivasi untuk para orang tua juga agar bisa serta merta membimbing putra putrinya di rumah walaupun kegiatan  dan waktunya akan cukup tersita dengan berbagai kegiatan,baik kerjaan kantor,kerjaan rumah mupun pembimbingan anak, untuk itu  berikanlah video motivasi untuk para orang tua baik yang dibuat guru ataupun phsikolog yang bisa di share oleh guru seminggu sekali, sehingga orang tua pun merasa di hargai dan diakui kegiatannya selama mendampingi putra putrinya di rumah,walaupun secara kewajiban orang tua adalah madrasah utama untuk anak.

Semoga para orang tua, guru maupun anak-anak bisa terus semangat dalam menghadapi dan menjalankan kegiatan ini.

Tetap semangaaaat dan salam sehat.

#Stay at home#

Jaga jarak#Cuci tangan

(Yuli Wijyastuti,S.Pd.AUD – Guru TK Aisyiyah Jatisrono)